Thursday, May 8, 2014

Tips Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak

Tips Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak
Belajar bahasa Inggris otodidak sejatinya bisa dilakukan jika Anda menginginkan untuk fasih berbahasa Inggris tanpa harus memiliki guru. Apakah hal tersebut mungkin? Ya, tentu saja, asalkan Anda mau benar-benar serius dalam proses belajar.

Jika sebelumnya saya sudah sempat share artikel tips belajar bahasa Inggris secara efektif, maka kali ini saya ingin berbagi tips cara belajar bahasa Inggris secara otodidak dengan harapan apa yang saya tuangkan dibawah ini dapat memberikan sebuah pemahaman serta manfaat buat sahabat pembaca.

Pada dasarnya, belajar bahasa itu hanya berpatokan pada dual hal, yaitu grammar (tata bahasa), dan speaking (percakapan). Untuk bisa mengucapkan atau menyampaikan sesuatu dalam bahasa tertentu, tentunya kita harus memhamai dasar dari tata bahasa bersangkutan sehingga kata per kata yang kita susun menjadi benar adanya.

Bagaimana memulai belajar bahasa Inggris secara otodidak?

Berikut beberapa hal yang dapat Anda amalkan untuk bisa fasih berbahasa Inggris secara otodidak alias tanpa guru.

Belilah kamus dengan standar internasional. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan kamus bahasa Inggris-Indonesia atau Indonesia-Inggris John Echols. Kamus John Echols adalah kamus yang memiliki standar internasional, lengkap, dan sudah dilengkapi dengan ejaan baca.

Hafalkan kosa kata sebanyak mungkin. Untuk fase awal, fokuskanlah menghafal kosa kata yang berkaitan dengan aktivitas sehar-hari Anda, misalkan makan, minum, tidur, olahraga, dsb.

Belilah buku grammatical (buku grammar) dasar. Pelajari tentang tensis (keterangan waktu), karena dari sinilah awal mula suatu kalimat itu bisa terbentuk. Jika Anda sudah paham tentang tensis dasar, dan sudah menghafal banyak kosa kata, maka potensi untuk bisa bertutur sapa dalam bahasa Inggris semakin besar.

Manfaatkan lagu-lagu barat untuk melatih kepekaan Anda. Dengarkan lagu-lagu barat kesukaan Anda untuk melatih kemampuan listening (pendengaran) Anda.

Sempatkan diri untuk menonton film luar. Ada banyak benefit yang bisa didapat dengan menonton film luar (yang menggunakan bahasa Inggris), misalkan untuk mencerna pronunciation (pengucapan) orang barat, pemahaman lintas budaya (cross culture understanding), dst.

Nah, itulah bebebeapa kiat untuk bisa menguasai bahasa Inggris secara otodidak, semoga tips ini berguna bagi sahabat pembaca.

No comments:

Post a Comment